Ingin Menjadi Room Attendant yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

February 24, 2020, 0 Komentar

CARA MENJADI ROOM ATTENDANT YANG SUKSES

Seorang room attendant sangat perlu mengetahui bagaimana menjadi seorang pegawai room attendant yang baik dan profesional di bidangnya. Berikut ini adalah tips untuk Anda :

  • Menjaga hubungan baik dengan tamu. Tamu merupakan raja yang harus dipastikan kenyamanannya. Sebagai room attendant dituntut untuk dapat menjaga hubungan baik dengan tamu yang sedang menginap. Selain itu jika ada komplain dari tamu, pegawai room attendant harus memberikan solusi dengan bijak sehingga semua permasalahan yang dihadapi oleh tamu terselesaikan dengan baik.
  • Membangun kerjasama dengan semua tim. Pada dasarnya jenis pekerjaan ini membutuhkan kerjasama yang baik agar pekerjaan terselesaikan dengan baik. Serta jika Anda mampu menjalin kerjasama dengan semua tim jika ada masalah maka dapat saling membantu. Mengingat setiap tamu tidak sama, dan pasti membutuhkan service yang beraneka ragam. Dengan kerjasama tim yang baik Anda akan dapat melayani tamu secara maksimal.
  • Memastikan keamanan dan kenyamanan tamu yang menginap. Keluar masuk kamar tamu adalah pekerjaan yang biasa dilakukan oleh room attendant. Oleh sebab itu Anda  harus memastikan untuk selalu menjaga privasi tamu serta memastikan semua standar telah Anda terapkan ketika sedang bertugas membersihkan kamar demi keamanan dan kenyamanan tamu. Hal yang paling penting jangan lupa untuk mengetuk pintu ketika masuk dan mengunci pintu ketika telah selesai melaksanakan tugas.
  • Teliti dalam bekerja. Setiap bekerja alangkah lebih baik jika dilakukan dengan teliti untuk menghindari kesalahan. Seorang attendant harus membersihkan semua area kamar dengan teliti dan cermat. Jika perlu sebelum keluar kamar mengecek ulang dan pastikan kamar selalu dalam keadaan rapi.
  • Perhatikan administrasi. Administrasi merupakan hal yang sangat penting. Dengan memperhatikan administrasi Anda dapat mengetahui prioritas pekerjaan yang harus didahulukan terlebih dahulu. Sehingga semua tugas Anda dapat terselesaikan dengan baik dan cepat.

TIPS MENJADI SEORANG ROOM ATTENDANT YANG BAIK

Seorang room attendant tentu perlu mengetahui bagaimana menjadi seorang room attendant yang baik dan profesional di bidangnya. Berikut ini adalah tips yang harus Anda ikuti:

  • Murah senyum

Seorang room attendant harus selalu menjaga agar tetap tersenyum jika berhadapan langsung dengan tamu yang akan menginap maupun tamu yang sudah menginap. Dengan sikap Anda yang murah senyum maka tamu akan merasa nyaman dan juga bersikap ramah terhadap Anda. Sehingga tidak menutup kemungkinan Anda akan diberikan tip oleh tamu.

  • Memiliki respon yang cepat dan tanggap

Sikap ini sangat perlu jika tamu membutuhkan bantuan atau ada komplain tentang sesuatu hal. Maka Anda bisa langsung merespon dengan cepat yaitu dengan melakukan koordinasi dengan tim lain sehingga service yang Anda berikan terhadap tamu terselesaikan dengan maksimal. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan terhadap tamu.

  • Memiliki tingkat ketelitian yang tinggi

Dalam hal bersih-bersih juga memerlukan ketelitian tinggi. Karena dalam urusan bersih-bersih dilakukan mulai dari bagian yang paling besar sampai pada bagian yang tersembunyi. Oleh karena itu setiap pegawai room attendant dituntut memiliki ketelitian tinggi dalam melakukan pekerjaan terutama jika sedang melayani permintaan tamu.

  • Jujur

Kejujuran wajib dimiliki oleh pegawai room attendant. Mengingat pekerjaan profesi ini adalah keluar masuk kamar tamu. Tentu tamu yang datang pasti mempunyai barang berharga. Dengan sikap kejujuran yang dimiliki oleh pegawai, tentu para tamu akan merasa aman dan tidak khawatir dengan barang berharganya. 

  • Bertanggung jawab

Apapun pekerjaannya harus selalu bertanggung jawab. Terutama bekerja sebagai room attendant yang banyak melakukan tugas dimana tugasnya berinteraksi secara langsung dengan tamu. Oleh sebab itu Anda harus bertanggung jawab dengan tugas atau pekerjaan yang diberikan terutama untuk menghadapi permintaan tamu.

Itulah beberapa tugas, kualifikasi, dan tips bagaimana menjadi seorang room attendant yang sukses. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X