Ingin Menjadi Resepsionis Hotel yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

February 24, 2020, 0 Komentar

CARA MENJADI RESEPSIONIS HOTEL YANG SUKSES

Penting bagi seorang resepsionis hotel untuk memahami tata cara menjadi seorang resepsionis yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar pelayanan terhadap pelanggan dapat optimal dan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan. Berikut ini langkah menjadi seorang resepsionis yang baik:

  1. Sikap yang ramah dan sopan. Aspek utama dalam menjadi seorang resepsionis hotel yang baik dan benar adalah mampu bersikap dengan ramah dan sopan terhadap tamu dan pelanggan. Pada sebuah bisnis hospitality penting bagi seorang resepsionis untuk memahami tata cara menghadapi berbagai jenis pelanggan dengan ramah. 
  2. Penampilan rapi, sopan dan menarik. Aspek penting selanjutnya adalah pada aspek penampilan. Penting bagi seorang resepsionis hotel untuk selalu menjaga penampilan yang rapi, sopan dan menarik di lingkungan pekerjaan. Disamping penampilan juga sama pentingnya untuk menjaga area desk kerja atau meja resepsionis selalu bersih dan rapi.
  3. Memperoleh pendidikan hospitality formal maupun mengambil kursus perhotelan. Penting bagi seorang resepsionis hotel untuk memahami informasi dalam bidang perhotelan dan berbagai aspek pelayanan. Pemahaman dan wawasan perhotelan ini dapat diperoleh melalui pendidikan formal, kursus maupun pengalam kerja pada bidang perhotelan. Hal ini bertujuan agar seorang resepsionis hotel mampu melayani kebutuhan pelanggan secara optimal.
  4. Menguasai keterampilan teknis dan keterampilan komunikasi. Dalam menjadi seorang resepsionis yang baik maka penting untuk menguasai keterampilan teknikal yang meliputi keterampilan komputerisasi dan penyusunan laporan, keterampilan menangani berbagai jenis pelanggan, serta keterampilan dalam menerima panggilan masuk. Untuk keterampilan komunikasi, penting bagi seorang resepsionis hotel untuk bisa berkomunikasi dengan baik secara verbal.

TIPS MENJADI SEORANG RESEPSIONIS HOTEL YANG BAIK

Berikut ini tips menjadi seorang resepsionis hotel yang baik dalam menjalankan tugas dan shift:

  • Sopan dan berwawasan

Seorang resepsionis hotel harus mengutamakan sikap sopan dan membiasakan terhadap siapapun. Contoh kecilnya seperti tidak mengunyah permen karet ketika berhadapan dengan pelanggan. Serta membiasakan diri untuk menambah wawasan agar memiliki pengetahuan yang lebih luas terutama perihal perhotelan.

  • Ramah dan murah senyum

Ramah dan murah senyum merupakan klasifikasi utama seorang resepsionis dapat dikatakan sebagai resepsionis yang baik. Dalam bisnis hospitality nilai dari pelayanan terhadap pelanggan sangat berarti dan mempengaruhi bisnis dalam jangka panjang. Sehingga penting bagi seorang resepsionis yang baik untuk selalu membiasakan ramah terhadap pelanggan dan murah senyuman agar meninggalkan kesan terbaik.

  • Tanggap menangani pelanggan

Untuk menjadi seorang resepsionis hotel yang baik sangatlah penting untuk memiliki sikap tanggap. Sikap tanggap berkaitan dengan kesiapan dan ketersediaan resepsionis dalam melayani setiap pelanggan yang datang. Resepsionis yang baik tidak akan membuat tamu dan pelanggan menunggu terlebih menunggu dalam waktu yang lama. Sehingga penting juga bagi resepsionis untuk cekatan dalam menjalankan tugas untuk menghindari menumpuknya antrian tamu dan pelanggan yang datang.

  • Loyalitas

Loyalitas seorang resepsionis terhadap perusahaan atau hotel sama pentingnya dengan keramahan seorang resepsionis. Penting bagi seorang resepsionis untuk memiliki rasa loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Hal ini bertujuan untuk memupuk tanggung jawab pada karakter resepsionis sehingga mampu menjalankan job desk dengan optimal.

  • Bertanggung jawab

Esensi sebuah sikap paling penting dalam menjalankan semua jenis profesi adalah sikap bertanggung jawab. Sikap tanggung jawab terhadap tugas dan job desk yang diemban akan menentukan kualitas pribadi terhadap pekerjaan yang diemban. Tidak terkecuali bagi seorang resepsionis hotel yang baik, maka mereka harus memiliki landasan sikap bertanggung jawab yang tinggi agar pekerjaan dapat berjalan dengan optimal. Pada dasarnya dengan merasa loyal dan bertanggung jawab segala tugas yang harus diselesaikan akan terasa lebih ringan dilakukan.

Itulah beberapa rincian terkait job desk, tips, dan cara menjadi seorang resepsionis hotel yang baik. Selain faktor diatas penting juga bagi seorang resepsionis hotel untuk memperhatikan SOP hotel yang berlaku.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X