Ingin Menjadi Public Area Attendant yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

February 24, 2020, 0 Komentar

Cara Menjadi Public Area Attendant yang Sukses

Sebagai seorang Public Area Attendant, keahlian dalam hal kebersihan adalah hal wajib. Namun ada juga beberapa tanggung jawab lain yang juga harus dikuasai. Berikut adalah cara untuk bisa menjadi seorang Public Area Attendant yang baik:

  • Mampu Berdiri Lama

Tidak bisa dipungkiri bahwa pekerjaan seorang Public Area Attendant seringkali dituntut untuk bisa berdiri dalam durasi yang panjang. Pekerjaan kebersihan ini memang kebanyakan dilakukan secara berdiri. Maka bisa dikatakan bahwa hampir sepanjang shift kerja, mereka akan terus berdiri.

Walaupun terlihat gampang, ternyata untuk bisa berdiri dengan baik dalam waktu yang lama juga tidak mudah. Anda harus bisa menyiasatinya sehingga pekerjaan tidak akan terganggu karena Anda kelelahan berdiri.

Ambillah waktu sejenak untuk mengistirahatkan kaki. Anda juga bisa mengkompresnya sebentar dengan air dingin agar otor kaki kembali rileks.

  • Mampu Membawa Beban

Seringkali, saat berhadapan dengan tamu, Anda dituntut untuk sigap dengan kebutuhan tamu. Terkadang mereka meminta untuk dibawakan barang-barangnya. dan hal ini akan terjadi beberapa kali sepanjang giliran kerja.

Anda harus bisa mengangkat barang dengan sigap. Kemampuan ini juga harus dimiliki karena Anda akan membawa barang-barang untuk kebersihan area umum, yang menjadi tanggung jawab Anda, secara terus menerus.

  • Ramah dan Cekatan

Di area umum, akan ada banyak hal di luar kendali yang bisa saja terjadi. Ada kemungkinan anak balita dari tamu menumpahkan minuman ke karpet, atau bisa jadi tamu yang datang dengan kehujanan membuat lantai menjadi basah.

Hal ini menjadi tanggung jawab seorang Public Area Attendant untuk bisa membersihkannya secara cepat, agar tidak menjadi masalah bagi tamu selanjutnya.

Anda tentu tidak ingin tamu yang datang kemudian, terpeleset bekas air hujan yang dibawa tamu sebelumnya. Maka dari itu, pembersihan secara sigap adalah cara yang tepat.

Selain itu Anda juga harus ramah, karena Anda lah yang akan lebih banyak berhadapan dengan tamu, baik yang ramah maupun rewel.

  • Paham Standar Kebersihan

Setiap tempat yang mempekerjakan Public Area Attendant memang memiliki cara berbeda untuk membersihkan sesuatu. Namun biasanya mereka juga memiliki standar yang dianut berdasarkan peraturan yang berlaku secara global.

Kewajiban seorang Public Area Attendant adalah menerapkannya dan tidak membawa pemahamannya sendiri ke dalam ruang kerja. Hal ini untuk menghindari keluhan dari pelanggan karena kualitas kebersihan yang tidak dijaga sesuai standar.

Tips Menjadi Seorang Public Area Attendant yang Baik

Siapapun bisa menjadi seorang Public Area Attendant yang baik, asalkan memenuhi tips yang akan diulas berikut ini:

  • Memiliki Kemampuan Customer Service yang Baik

Bukan hanya front lady atau resepsionis saja yang harus memiliki kemampuan pelayanan pelanggan, seorang Public Area Attendant juga harus memiliki dasar customer service yang benar.

Hal ini dikarenakan Anda akan berhadapan dengan banyak tamu dengan kepribadian berbeda setiap saat. Anda harus bisa memahami cara menghadapi mereka agar tamu tetap bisa merasa nyaman dan Anda pribadi tidak merasa kelelahan.

  • Rajin Berolahraga

Ada hubungan erat antara rajin berolahraga dengan lancarnya pekerjaan menjadi seorang Public Area Attendant. Durasi pekerjaan yang lama dan dipenuhi dengan aktivitas fisik, membuat seorang Public Area Attendant harus memiliki stamina yang baik.

Caranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat, yang salah satunya adalah dengan rajin berolahraga. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah merasa lelah karena otot terbiasa melakukan pekerjaan.

  • Menjalin Hubungan Baik Dengan Tamu

Sikap profesional sebagai seorang Public Area Attendant juga dapat dilihat melalui cara berinteraksi dengan tamu. Pelanggan yang puas akan memberikan review yang baik. Terlebih lagi jika mereka terkesan dengan pelayanan Anda.

Dengan menjaga batas profesionalitas tapi tetap harus ramah, Anda akan mendapatkan support system yang baik. Bisa jadi jika tamu terkesan dengan Anda, akan ada banyak tawaran tak terduga yang bisa Anda dapatkan dari mereka.

  • Mampu Beradaptasi

Bekerja sebagai seorang Public Area Attendant artinya harus siap bekerja secara perorangan maupun di dalam tim. Anda harus memiliki jiwa yang dinamis dan fleksibel terkait dengan hal ini. Anda harus bisa memilah hal yang harus dikerjakan sendiri dan kelompok.

Selain itu, tamu yang datang setiap harinya juga berbeda-beda, maka terkadang pelayanan terhadap mereka juga bisa sedikit berbeda, tergantung permintaan.

Anda harus siap dengan segala kemungkinan dan tetap profesional mengerjakan bagian pekerjaan Anda.

Menjadi seorang Public Area Attendant artinya harus sigap dalam segala hal terutama kebersihan. Keberadaan seorang Public Area Attendant selalu dibutuhkan demi menjaga kenyamanan pelanggan dan juga kebersihan lingkungan.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X