Ingin Menjadi Front Office Crew yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya

February 24, 2020, 1 Komentar

CARA MENJADI FRONT OFFICE CREW YANG SUKSES

Terdapat beberapa kiat – kiat untuk menjadi seorang front office crew yang sukses dan berpengalaman di bidang frontliner. Berikut ini beberapa tips untuk menjalankan job desk front office crew dengan optimal:

  1. Kecakapan pribadi sangat diutamakan. Kecakapan pribadi ini meliputi sikap yang ramah, sopan, dan murah senyum terhadap setiap orang dan pengunjung. Selain karakter, seorang front office crew yang baik juga dituntut untuk selalu berpenampilan rapi dan sopan agar nyaman dipandang dan membantu suasana kantor menjadi lebih baik.
  2. Cekatan, teliti dan bertanggung jawab. Seorang front office crew akan dituntut untuk menjalankan banyak kewajiban sekaligus demi mendukung kinerja kantor yang produktif. Sehingga penting bagi seorang front crew untuk selalu cekatan dalam berbagai kondisi dan teliti. Maka seorang front crew harus mampu memastikan diri selalu dalam kondisi prima demi menjalankan job desk dengan penuh tanggung jawab.
  3. Memiliki pemahaman dan pengetahuan luas terkait perusahaan dan bidang perusahaan. Front crew dituntut untuk mampu menyediakan informasi akurat dan terkini kepada pegawai kantor dan pengunjung yang datang. Sehingga penting bagi seorang front crew untuk selalu memperkaya diri dengan wawasan terkait perkembangan perusahaan dan bidang yang terkait perusahaan.

TIPS MENJADI SEORANG FRONT OFFICE CREW YANG BAIK

Dalam mengemban kewajiban sebagai seorang front crew terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan. Berikut ini dasar – dasar untuk menjadi seorang front crew yang baik:

  • Senyum, sapa, salam

Seorang front crew office yang baik selalu berusaha untuk memberikan senyum, sapa, dan salam terbaik kepada setiap orang dan pengunjung. Aspek hospitality atau keramahan seorang front crew akan sangat mempengaruhi nilai kinerjanya karena front crew merupakan bagian utama atau paling depan dari sebuah perusahaan yang akan sangat mempengaruhi image perusahaan dimata pengunjung dan klien.

  • Cekatan, tanggap dan teliti

Seorang front crew akan memiliki cukup banyak tugas dalam satu kali shift pekerjaan. Dari menangani bagian depan perusahaan hingga kebutuhan dan stok di dalam kantor. Maka penting bagi seorang front crew untuk selalu cekatan dan tanggap dalam mengambil tindakan, namun tidak lupa untuk selalu teliti agar tidak menimbulkan permasalahan. 

  • Performa kerja yang baik

Kunci dari performa yang baik adalah kondisi tubuh yang prima. Pada dasarnya segala jenis profesi penting untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap prima agar pekerjaan dapat berjalan dengan optimal. Namun sebagai seorang front crew kondisi kesehatan harus lebih diperhatikan karena tuntutan seorang front crew yang lebih kompleks dan tingkat multitasking yang lebih tinggi.

  • Loyalitas terhadap perusahaan

Kunci dari motivasi dan kinerja yang baik dari seorang front crew adalah loyalitas mereka terhadap perusahaan atau tempat bekerja. Semakin loyal seorang front crew kepada perusahaan maka semakin baik pula nilai pelayanan yang mereka berikan kepada perusahaan dan klien.

  • Mematuhi SOP

Bagi profesi front crew SOP merupakan aspek penting atau sebuah pegangan dalam menjalankan kewajiban sebagai staff depan kantor. SOP yang berlaku dalam perusahaan akan mencerminkan perusahaan tersebut. Dimana front crew merupakan bagian paling depan dari perusahaan yang akan merepresentasikan image perusahaan tersebut secara langsung.

  • Tanggung jawab yang tinggi

Seorang front crew akan memiliki varian tugas yang cukup banyak dan cukup luas untuk mendukung berjalannya aktivitas kantor dengan baik. Segala job desk yang berkaitan tersebut tidak dapat dilaksanakan dengan optimal tanpa rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan. 

Itulah beberapa spesifikasi, detail job desk dari seorang front crew, hingga tips dan cara untuk menjalankan profesi front crew dengan baik dan optimal. Sebagai bagian muka dan penting dalam perusahaan front crew harus senantiasa mampu menunjukkan performa terbaik.

1 Comments

One response to “Ingin Menjadi Front Office Crew yang Baik? Ikuti Cara dan Tips-nya”

  1. Kesimpulannya adalah sebagai seorang front office crew itu kita harus bisa melayani tamu dengan baik dan selalu harus senyum, salam, dan sapa kepada tamu agar tamu merasa nyaman untuk menginap di hotel tersebut. Seorang front office juga harus bisa menjelaskan dan menjawab pertanyaan yang bisa ditanyakan kepada tamu dengan baik, benar dan sopan. Bagian front office ada di bagian depan dan sangat berpengaruh pada kesopanan yang ada di hotel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X