Contoh Pertanyaan Interview dan Jawaban yang Disukai HRD di Hotel

February 26, 2020, 2 Komentar

Apakah Anda bertanya-tanya contoh pertanyaan interview dan jawaban di hotel yang akan Anda datangi? Selain berpakaian yang rapi dan sopan, Anda juga harus menguasai posisi yang ingin Anda lamar.

Hal ini adalah untuk membuat penyelia berpikir Anda unik serta berkompetensi. Semakin pandai Anda menguasai materi, semakin besar peluang guna mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

Contoh Pertanyaan Interview dan Jawaban Seputar Pekerjaan Hotel

  • Bisakah Anda menceritakan tentang diri Anda?

Kedengarannya sederhana dan mudah, bukan? Meskipun pertanyaan wawancara umum ini bersifat terbuka, Anda tidak harus membuat pewawancara mendapatkan banyak informasi.

Pertanyaan ini mungkin ditanyakan dengan cara yang berbeda seperti memandu melalui CV yang telah Anda. Namun, pertanyaan ini selalu bertindak sebagai pembuka percakapan. Jadi, berikan yang terbaik dan jadilah dirimu sendiri.

Ternyata, apa yang dicari pewawancara adalah garis besar tentang Anda yang harus dikemas dengan apik selama 2 menit. Tapi hal Ini bukan semata tentang menceritakan kisah hidup Anda, kecuali Anda sangat yakin cerita tersebut akan membawa Anda lolos wawancara. 

Jadilah tepat sasaran dan sesuaikan jawaban Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar. Perekrut ingin tahu tentang Anda, minat Anda, dan latar belakang Anda untuk memeriksa apakah Anda akan cocok untuk posisi yang Anda lamar.

  • Apakah Anda pernah ada di situasi sulit? Jika ya, bagaimana Anda menangani situasi tersebut?

Layanan pelanggan ada di episentrum setiap bisnis hotel, dan pelanggan yang marah / tidak bahagia pasti akan menghampiri Anda.

Kuncinya adalah memberi tahu perekrut bagaimana Anda akan mengubah pelanggan yang tidak bahagia menjadi pelanggan tetap. Layanan dalam industri Hotel adalah faktor keberhasilan yang paling penting.

Dengan pertanyaan ini, perekrut ingin tahu bagaimana Anda bisa mengatasi tekanan dan bagaimana Anda bisa memanipulasi situasi untuk keuntungan Anda. Anda memerlukan banyak keterampilan persuasif dan sikap positif terhadap penanganan situasi yang sulit.

Melalui pertanyaan ini, soft skill Anda akan dinilai. Jika Anda belum menemukan situasi seperti itu karena Anda mungkin adalah fresh graduate,, Anda tidak perlu takut mengatakan yang sebenarnya..

Namun, Anda harus mendukung jawaban Anda dengan contoh bahwa Anda melihat orang lain menangani pelanggan yang tidak bahagia dan apa yang Anda pelajari dari situasi itu. Penjelasan yang jelas tentang hal yang sama pasti akan memberi Anda beberapa poin yang baik.

Singkatnya, pertanyaannya hanyalah tentang bagaimana Anda menangani situasi yang menantang dengan cara apa pun yang mungkin ditanyakan.

  • Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?

Ini mungkin salah satu pertanyaan wawancara hotel yang paling umum. Perekrut ingin melihat antusiasme Anda dan bukan detailnya. Jawabannya akan menunjukkan jika Anda seorang pembelajar yang cerdas, antusias dan positif dalam sikap Anda.

Jawablah dengan jawaban yang menunjukkan kemajuan karier, prospek yang lebih baik, dll. jangan beri alasan Anda melamar untuk keuntungan Anda, tapi lebih untuk kebaikan perusahaan.

Tunjukkan antusiasme Anda, persiapan terkait budaya perusahaan hotel Anda, kemungkinan kontribusi Anda, dan sebagainya.

Mungkin sebagian dari Anda mempertanyakan apakah perekrut sudah menerima CV Anda atau belum. Jawabannya tentu saja sudah, namun mereka tetap menginginkan jawaban langsung dari Anda.

Mereka ingin mendengar secara singkat dan jelas dari Anda tentang cara Anda mengambil hal positif dari pengalaman apa pun yang Anda miliki.

Terlepas dari posisi itu, Anda sedang diwawancarai; ini adalah salah satu pertanyaan wawancara hotel umum yang harus Anda harapkan.

Jika Anda adalah lulusan baru, sehingga belum mempunyai pengalaman bekerja di posisi tersebut, Anda dapat menjelaskan bahwa Anda merasa nyaman melihat beberapa orang yang Anda kenal ada di posisi tersebut.

Tambahkan beberapa senyuman saat Anda menjawab pertanyaan ini dan perekrut akan senang melihat sifat keramahan dalam diri Anda.

  • Apa kelemahan terbesar Anda?

Trik dalam menjawab pertanyaan semacam ini adalah membuat kekuatan tampak seperti kelemahan. Misalnya, Anda dapat mengatakan: “Saya terlalu bersemangat dan tidak kenal kompromi sehingga saya kadang-kadang berpikir hanya ada satu cara yang benar.”

Jika Anda memiliki sedikit pengalaman, ada baiknya untuk jujur. Ketika Anda bercerita dengan jujur tentang kelemahan Anda, perekrut dapat melihat ketulusan itu. Tapi jangan lupa juga sertakan jalan keluar yang Anda akan lakukan jika kelemahan tersebut menyerang Anda ketika bekerja..

Hanya saja, jangan menyebutkan kelemahan yang dapat menyebabkan konflik dengan pekerjaan yang akan Anda lamar. 

Trik Untuk Lolos Dalam Wawancara

  • Berpakaian Rapi

Ini adalah hal yang wajib dilakukan. Walaupun ada beberapa kantor yang membebaskan karyawannya tentang busana kerja, tetapi adab yang umum ketika melamar adalah mengenakan pakaian formal.

Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda menghormati tempat Anda akan bekerja dan menunjukkan sikap profesionalitas.

  • Jabat Tangan Pewawancara Dengan Mantap

Ketika masuk ke ruangan, jabat tangan pewawancara dengan gestur yang mantap. Selain menunjukkan rasa percaya diri, hal ini juga akan memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang hangat dan bersemangat.

Selain itu, jangan lupa juga untuk tersenyum sewajarnya dan seperlunya. Usahakan pula untuk duduk tegap dan menatap mata pewawancara ketika menjawab pertanyaan.

Ketika memiliki keinginan untuk melamar kerja, mencari tahu contoh pertanyaan interview dan jawaban memang penting. Hal ini bisa mengantisipasi kegugupan ketika menjawab pertanyaan.

Tetapi yang juga lebih penting dari itu adalah tunjukkan niat dan kesungguhan hati Anda ketika akan melamar pekerjaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ketika sesi wawancara sudah selesai.

2 Comments

2 responses to “Contoh Pertanyaan Interview dan Jawaban yang Disukai HRD di Hotel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X