Kerja Lulusan Sastra Inggris, ada 20?!

October 7, 2019, 0 Komentar

Kabar baik ni buat kamu yang sudah lulus atau yang mau memilih jurusan Sastra bahasa asing / inggris, banyak nya prospek pekerjaan yang bakal menanti kamu, nah berikut 20 pekerjaan yang menanti kamu.

1. Pengajar

Menjadi lulusan bahasa asing, tentu kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, dosen, maupun instruktur kursus. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. Multifungsi, kan?

2. Editor / Penyunting Bahasa

Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Terlebih lagi, banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

3. Penulis

Sering bermain dengan kata-kata, lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa banget jadi penulis! Penulis terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, media baru juga banyak membuka kesempatan untuk para penulis di berbagai macam bidang, seperti copywriter maupun content writer.

4. Pustakawan Akademik

Untuk kamu yang begitu mencintai buku atau dunia akademik lainnya, profesi ini sangat cocok untukmu. Pustakawan akademik bertanggung jawab dalam pelajaran akademis dengan cara mengembangkan pengetahuan khusus seperti dalam pengembangan sistem TIK di berbagai macam proyek perpustakaan.

5. Sastrawan

Nah, kalau profesi yang satu ini tentu menjadi profesi yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Sejatinya, jika kuliah di jurusan sastra, tentu akrab dengan sastra, walaupun ini semua tak berlaku secara mutlak. Jika kamu ingin menjadi seorang sastrawan, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang novelis, cerpenis, prosais atau esais, kritikus, dll.

6. Penerjemah

Lulusan sastra atau bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali dijadikan ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain. Jika sejak kuliah saja sudah dibutuhkan, apalagi jika sudah lulus, bukan?

7. Ahli Bahasa

Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik. Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

8. Asisten Editorial

Pertumbuhan penerbitan digital yang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online lebih meningkat. Peluang ini didapatkan oleh lulusan sastra untuk menjadi asisten editorial, di mana tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

9. Wartawan Koran

Lulusan bahasa asing juga bisa menjadi wartawan koran, lho! Jurnalisme koran saat ini juga kian multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya seperti The Jakarta Post, Kompas dan Tempo.

10. Wartawan Majalah

Tidak jauh berbeda dengan wartawan koran, lulusan sastra asing juga berpeluang untuk menjadi wartawan majalah. Tugasnya adalah meneliti dan menulis artikel berita serta fitur untuk berbagai macam publikasi majalah, dengan berbagai jenis kontenya.

11. Eksekutif Periklanan

Eksekutif periklanan bertugas sebagai penghubung antara klien dan agen. Tanggung jawab yang dilakukan untuk koordinasi mempromosikan iklan, harus bisa dikomunikasikan secara jelas kepada semua pihak yang terlibat di dalamnya. Maka dari itu, lulusan bahasa asing memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses komunikasi, terurama klien asing.

12. Leksikografer

Mungkin di antara kalian masih jarang mendengar istilah leksikografer. Tugas seorang leksikografer adalah menulis, melakukan kompilasi dan mengedit kamus, baik itu dalam bentuk cetak ataupun yang dipublikasikan secara online. Kamus yang biasa dibuat adalah kamus bahasa asing, kamus pelajar, kamus istilah ataupun kamus bilingual.

13. Pemandu Wisata/Tour Guide

Untuk lulusan sastra asing yang mempunyai hobi travelling, menjadi tour guide adalah bidang yang cukup menjanjikan, lho! Pekerjaan ini membutuhkan skill interaksi bahasa yang bagus. Tour guide akan berkomunikasi dengan para turis, baik itu lokal, maupun mancanegara.

14. Entrepreneur

Sekarang ini, profesi entrepreneur sedang banyak diminatin anak muda. Menjadi entrepreneur akan membuatmu bebas dan mandiri melakukan pekerjaan yang kamu suka. Sebagai lulusan sastra asing, kamu juga bisa kok mengikuti tren ini! Contoh kecilnya ialah bisa dengan membuka les privat bahasa asing atau bisa membuka travel agent sendiri.

15. Bekerja di Perusahaan Multinasional

Kamu bercita-cita untuk kerja di perusahaan besar? Bisa banget! Lulusan bahasa asing fleksibel untuk bekerja di perusahaan multinasional mana saja. Apapun posisi pekerjaan di dalam perusahaan tersebut, baik sebagai manajer, direktur, maupun staf, tentu tetap membutuhkan kemampuan dalam berbahasa Inggris yang baik. Kamu tinggal pilih deh mau bekerja di mana!

16. Petugas Informasi

Di beberapa perusahaan, peran petugas informasi dibutuhkan untuk mengelola distribusi informasi bagi suatu perusahaan atau klien yang berguna untuk mendukung kebutuhan serta tujuan bisnis perusahaan tersebut. Dalam hal ini, kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan untuk memahami sumber informasi yang berasal dari berbagai tempat.

17. Staf Diplomatik

Banyak yang menyangka untuk bekerja di kedutaan besar, haruslah lulusan dari Hubungan Internasional. Eits, jangan salah! Banyak lulusan bahasa asing yang diterima dan bekerja di kedutaan besar, kok! Biasanya, lulusan bahasa asing ditempatkan sebagai tenaga pengajar, editor atau staf penerjemah. Tertarik?

18. Pramugari

Lulusan bahasa asing juga berpeluang menjadi seorang pramugari, lho! Tak sedikit lulusan Bahasa Inggris yang pada akhirnya memilih jalan hidup untuk berkarir di perusahaan maskapai penerbangan. Lagi-lagi, inilah keunggulan dari belajar Bahasa Inggris, sebagai bahasa universal yang menjadi skill lulusan jurusan Bahasa Inggris. nih loker pramugari

19. Bekerja di Lembaga Budaya atau Lembaga Internasional

Karena kebanyakan jurusan bahasa asing dinaungi oleh Fakultas Ilmu Budaya, tentu lulusannya akan mempunyai begitu banyak pemahaman budaya yang sangat luas. Bekerja di lembaga budaya bisa menjadi salah satu alternatif profesi yang sesuai dengan jurusan bahasa asing.

20. Public Relations

Lulusan bahasa asing yang suka berkomunikasi juga bisa menjadi Public Relationlho! Sekarang ini nggak sedikit lulusan sastra asing yang bisa kerja di bidang ini. Bidang ini memiliki tujuan untuk mendapatkan pemahaman dan dukungan untuk klien, serta mempengaruhi opini publik.

iya tapi apapun itu kalian harus serius dan mengasah skill kalian, karena skill merupakan hal yang paling penting, ribuan lulusan sastra inggris yang ada di indonesia, jadi kamu harus tingkatkan skill kamu, agar kamu terlihat berbeda.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X