Cek Fakta-Fakta Berikut ini Sebelum Memutuskan Kerja di Industri Perhotelan

March 11, 2020, 2 Komentar

Salah satu lini industri yang paling banyak diminati oleh para pencari kerja adalah industri perhotelan. Iming-iming gaji yang tinggi adalah alasan utama yang membuat lulusan universitas sekalipun tertarik untuk mencari pengalaman di bidang ini.

Meski begitu, ada juga orang-orang yang pernah bekerja di industri ini mengatakan bahwa tingginya gaji dan bonus yang didapatkan tak sebanding dengan jam kerja yang panjang dan beratnya pekerjaan yang harus diselesaikan. Buat Anda yang tertarik untuk mulai bekerja di industri perhotelan, ada baiknya menimbang-nimbang terlebih dahulu seperti apa kurang lebihnya bekerja di sebuah hotel.

Kelebihan Bekerja di Industri Perhotelan

Gaji yang tinggi

Dibandingkan dengan lini pekerjaan lainnya, mungkin tak banyak yang memberikan sumber pemasukan seperti yang didapatkan dari bekerja di hotel. Jika pada umumnya karyawan kantoran biasa hanya mendapatkan gaji pokok, karyawan hotel memiliki tiga sumber pemasukan, gaji, service charge, dan tip.

Tak hanya itu, karyawan hotel juga mendapatkan jatah makan harian, sehingga mereka tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makan di luar. Dengan demikian, pemasukan yang didapat bisa dialokasikan untuk hal lainnya. Tak heran jika banyak pegawai hotel bintang lima yang memiliki gaya hidup yang cukup mentereng.

Kesempatan mengembangkan diri terbuka lebar

Bekerja di hotel tak hanya melulu melayani tamu hotel dengan pasang senyum selebar mungkin. Ada juga divisi-divisi lainnya yang membuka kesempatan buat mereka yang punya kemauan dan ingin belajar dengan giat. Paling tidak, ada empat departemen yang bisa dipilih sesuai dengan bidang yang Anda inginkan.

Suka berkomunikasi dengan banyak orang? Senang bertemu dengan orang baru setiap harinya? Anda bisa mencoba departemen front office. Suka kerapian dan menyenangi kebersihan? Housekeeping tempat yang cocok buat Anda. Kuliner adalah bidang favorit Anda? Bisa coba gabung dengan departemen food and beverages. Hobi memasak? Coba jadi cook atau chef di kitchen department.

Punya wawasan yang luas

Menjumpai berbagai rupa manusia dari setiap penjuru dunia sudah pasti akan mengasah kemampuan berbahasa Anda. Paling tidak, bahasa Inggris Anda akan lebih terasah dengan setiap harinya berkomunikasi dengan orang asing. Namun jika kemampuan bahasa asing Anda masih kurang, tak jarang pihak HRD hotel memberikan fasilitas kursus Bahasa asing secara gratis.

Selain kemampuan bahasa, wawasan Anda juga akan terbentuk dari komunikasi yang terjalin dengan tamu hotel. Tak jarang saat berbincang dengan tamu, Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang belum tentu bisa didapatkan di bangku sekolah atau kuliah.

Tak perlu pendidikan yang tinggi

Tingginya permintaan tenaga kerja dari industri perhotelan membuat dunia pendidikan di Indonesia membuka peluang baru buat anak-anak yang tertarik untuk bekerja di hotel sedari dini. Sudah cukup banyak SMK Perhotelan atau Pariwisata di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang mana lulusannya bisa langsung bekerja di hotel bintang 4 atau bintang 5.

Hal ini dikarenakan bekerja di hotel tak memerlukan banyak gelar, melainkan kemampuan yang mumpuni. Dengan kemampuan Bahasa asing yang bagus, sikap ramah dan bersahabat, serta murah senyum sudah cukup untuk memuluskan jalan Anda untuk bekerja di sebuah hotel yang bergengsi.

Terbuka lebar untuk naik ke level yang lebih bergengsi

Jika Anda sudah terbiasa melayani tamu hotel dengan baik dan ramah, ditunjang dengan kemampuan bahasa asing yang fasih, Anda punya bekal untuk naik tingkat ke level yang lebih bergengsi. Yang kami maksud adalah bekerja di kapal pesiar sembari berkeliling dunia.

Tak hanya itu saja, gaji yang didapat pun pastinya akan meningkat dengan drastis! Kita bicara peningkatan gaji dari 5 hingga 7 juta perbulannya saat bekerja di hotel, ke angka belasan hingga puluhan juta rupiah per bulannya. Hal ini sangatlah memungkinkan karena Anda akan digaji dalam kurs US Dollar, bukan lagi rupiah.

Tertarik untuk bekerja di hotel? Nanti dulu! Anda juga harus pertimbangkan sisi minusnya yang bisa dialami selama bekerja di hotel. Nah, berikut ini beberapa kekurangan dari bekerja di industri perhotelan:

Skill yang Dibutuhkan Saat Bekerja di Industri Perhotelan

Layani Tamu Sebaik dan Seramah Mungkin

Tak semua tamu akan ikut melemparkan senyum saat Anda melayani mereka seramah dan sebaik mungkin. Tak jarang, tamu suka bertindak seenaknya dan meminta hal-hal yang di luar dari skup pekerjaan Anda. Mau tak mau, Anda harus memiliki skill tambahan dan harus bersedia untuk mengerjakan hal-hal yang tak termasuk di job description Anda.

Butuh kesabaran ekstra

Yang namanya bekerja di hospitality industry haruslah punya kesabaran tingkat tinggi. Seringkali keluhan tamu hotel berujung salah alamat dan mengakibatkan departemen front liner kebanjiran komplain. Air di kamar mandi tak nyala, yang dihubungi front liner. AC tak dingin yang kena juga front liner. Pokoknya harus ekstra sabar.

Jam Kerja Panjang Butuh Stamina Ekstra

Sudah disinggung di awal, terkadang bekerja di hotel tak tentu jam kerjanya. Anda dituntut harus datang kerja tepat waktu, namun seringkali pulang tak tepat waktu. Hal ini dikarenakan cukup banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan di luar jam kerja Anda serta hand over ke shift berikutnya yang kerap menyita waktu.

Kesimpulan

Bekerja di industri perhotelan memang punya kelebihan dan kekurangannya. Namun hal ini tak menjadikan para pencari kerja mundur begitu saja dari kesempatan mendapatkan penghasilan yang tinggi. Namun jangan lupa, Anda juga harus mengasah skill-skill yang dibutuhkan supaya bisa bertahan di industri yang unik ini.

2 Comments

2 responses to “Cek Fakta-Fakta Berikut ini Sebelum Memutuskan Kerja di Industri Perhotelan”

  1. I’m interested working with hotel internasional five stars

  2. I’m interested working with hotel internasional five stars.
    Beacuse I like the experience from internasional hotel in Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X